Saturday, August 3, 2013

Lagi Suntuk? Ngopi Dulu


Malam ini tetiba diajak papa ke warkop, mau ngopi katanya. Mungkin beliau lagi suntuk, lalu mengajak beberapa orang lainnya untuk ikut. Sepuluh menit perjalanan, sampailah di warkop dimaksud, sekitar 1 kilo dari rumah. Warkop di bilangan jalan Hertasning Makassar, warkopnya berubah merk, mungkin persoalan brand, HAKI. Sepuluh menit menunggu, pesanan datang berupa hot cappucino (ini sejenis kopi jugakah?) dan kentang goreng.

Ngopi --di cafe, sepuluh tahunan lalu belum ngetrend. Warkop hanya diisi sopir angkot atau tukang becak, kopi hitam pekat jadi pilihan utama, sebagian menambahkannya susu. Dan jadilah kopi susu. Sekarang warkop sekelas kafe menjamur, hampir seluruh sudut jalan strategis diisi warkop jenis ini. Diisi eksmud, kontraktor, politisi, hingga orang LSM. Tidak ada warkop yang sepi, walaupun saling berjejer dua sampai tiga warkop dalam satu jalan. Semua diisi dengan pelanggan setianya masing. Beberapa waktu lalu saya juga ke sebuah warkop, untuk deal-dealan caleg. Ternyata banyak warkop dijadikan markas besar, sekretariat parpol. Atas nama bisnis, pemilik warkop mempersilakan.

Saya sebenarnya jarang ke warkop, saya sudah asosial di dunia nyata, sibuk dengan kesuntukan sendiri. Teman-teman sudah malas mengajak saya ngumpul --di warkop, kalau diajak pasti tidak datang. Malas rasanya kongkow-kongkow tak jelas di warkop, cerita kosong sampai dini hari. Bikin ngantuk saja. Lalu apa yang saya lakukan sekarang? Menulis, ngeblog sambil nguping obrolan papa. Untung ada gadget yang bisa berkolaborasi dengan sambungan wifi di warkop ini. Sayang saya tak bawa laptop. Pengunjung lain? Sibuk menatap ponsel sambil menyeruput kopi. Ada juga yang asyik ngobrol, tak sedikit yang utak-atik laptop. Entah sudah berapa jam mereka disini menikmati wifi gratis. Dan benarlah iklan 3 versi anak-anak, salah satu guyonan nyelenehnya ngena.

"kalo weekend sarapan di kafe sambil sibuk laptopan, pesen kopi secangkir harga 40rb-an, diminumnya pelan-pelan, biar tahan sampai siang demi wi-fi gratis".

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...