Sunday, August 4, 2013

Otak-otak, Oleh-Oleh Khas Makassar



Otak-otak adalah sejenis makanan yang terbuat dari ikan, diolah sedemikian rupa hingga bertekstur seperti sosis. Ya, menurut saya otak-otak adalah sosis ikan, nikmat disantap dengan sambel (seperti petis) yang juga diracik khusus.

Otak-otak yang terkenal di Makassar adalah otak-otak ikan tenggiri buatan ibu Elly. Awalnya sekitar tahun 70-an, dioperasikan oleh mertua beliau di bilangan jalan Maccini, untuk konsumsi hotel dan restoran. Pertengahan 90-an usaha ini berkembang, ibu Elly sudah mandiri, dan membuka toko baru di jalan Kijang. Bukan hanya otak-otak, tapi dikembangkan dengan menjual berbagai macam oleh-oleh khas Makassar. Sekarang telah mempunyai cabang di Jakarta. Beberapa waktu lalu ada cabang baru di bilangan jalan Boulevard, pusat kota baru Makassar.

Otak-otak, untuk info lanjut cari sendiri di google. Saya tak mengerti juga mengapa jadi oleh-oleh khas Makassar. Mungkin otak-otak disinilah yang paling enak, entahlah. Setiap kali ada keluarga yang mau pulang ke jawa, otak-otak jadi bawaan wajib. Sepertinya oleh-oleh yang terkenal di luar sulawesi, karena ibu tak pernah sekalipun beli otak-otak. Bagaiaman rasanya di lidah saya? Enak, apalagi diberi sambel khasnya. Wajib coba.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...