Monday, August 12, 2013

SMS Ucapan Lebaran Paling Praktis



Hari Raya Idul Fitri 1434 H telah berlalu. Kaum muslim di penjuru dunia merayakannya dengan penuh suka cita. Satu hal yang jadi tradisi adalah saling mengucapkan selamat dan bermaaf-maafan. Caranya pun beragam, mulai dari mengucapkannya secara langsung ataupun dengan media perantara.

Beberapa tahun yang lalu, saat media internet belum segencar hari ini, ucapan selamat dan maaf tersebut terhubung melalui kartu ucapan yang dikirim lewat pos, kemudian berkembang lagi lewat telepon -telepon rumah ataupun telepon genggam-, yang ditaktisi dengan ucapan lewat SMS (pesan singkat) dengan beragam kreasi. Saya masih teringat saat layar ponsel masih monokrom, hitam putih, ragam karakter bermunculan mulai dari susunan huruf berbentuk masjid, huruf arab, hingga yang berkedap-kedip. Kreasi seperti ini booming saat itu, SMS bukan sekadar untaian kata-kata mutiara. Si penerima bakalan sangat senang menerimanya dan SMS unik dan kreatif tersebut akan menyebar karena diteruskan dengan cepat. SMS berkembang lagi dengan saling mengirim pesan bergambar. Namun tahun ini sepertinya SMS sudah tersingkirkan oleh media sosial seperti facebook dan twitter. Tinggal klik, dan terkirimlah seluruh ucapan tersebut ke akun teman yang lain, gratis pula.

Tahun ini riwayat berkirim selamat dan maaf lewat SMS belum habis, saya masih menerima beberapa SMS dari teman. Sayapun berinisiatif mengirimkan SMS ke beberapa teman kerja. SMS ucapan selamat dan maaf yang sangat sederhana, tidak ada yang berkedap-kedip seperti beberapa tahun yang lalu. Beberapa membalas, beberapa yang lainnya tidak. Satu dari sedikit balasan SMS tersebut saya anggap sangat unik dan kreatif (menjurus ke "tidak mau susah"), skrinsutnya adalah gambar di atas. "Demikian pula kami mengucapkan kalimat yang sama. Amin", sesingkat itu, sangat praktis. Mungkin si empunya pesan hanya mengirimkan ini bagi yang mengiriminya SMS terlebih dahulu. Mending daripada tidak dibalas sama sekali, terima jadi. Masihkah anda mengirim dan menerima SMS tahun ini?

1 comment:

  1. Iya sama mas mumox, saya padahal mengirimkan pesan personal kepada teman saya, tapi responnya "Amin" hehehe mungkin pesan saya gak di baca, atau replynya di broadcast hihihi

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...