Tuesday, November 19, 2013

Hari Toilet Sedunia


Toilet, WC, jamban, atau nama lain yang sejenis adalah tempat buang air (besar atau kecil). Karena fungsinya tersebut, kadang bahkan selalu toilet dicibir, dipandang sebelah mata, tempat yang hina. Bahkan agama pun melarang membaca ayat suci walaupun sedikit di dalam toilet. Karenanya, toilet adalah tempat yang paling najis di muka bumi.

Selain najis, toilet konon dihuni berbagai makhlus halus, mulai dedemit hingga raja iblis. Kenajisan toilet mengamini hal tersebut. Bukankah setan dan bangsa jin memang menyukai tempat-tempat yang kotor? Sampai disini saya sepakat kalau toilet banyak setannya. Setan disini bagi saya tak lain adalah penyakit yang ditimbulkan dari tidak bersihnya sebuah toilet.

Tapi menurut cerita orang-orang, toilet yang paling bersih ada di negara tetangga, Singapura. Katanya, rata-rata toilet di Singapura lebih bersih daripada Rumah Sakit Pemerintah terbersih yang ada di Indonesia. Sepertinya memang demikian karena saat berkunjung ke Jepang, toiletnya bersih dan kering, apalah lagi di Singapura dengan toilet terbersihnya.

Mungkin karenanya itu, ahli toilet dunia ada di Singapura. Namanya Jack Sim. Saking cintanya pada toilet bersih, dia mendirikan sebuah organisasi nirlaba World Toilet Organization (WTO) pada tahun 2001. Tujuannya adalah memperkenalkan sanitasi dasar berupa toilet kepada dunia, agar tidak tabu dibicarakan, demi kesehatan masyarakat dunia. Tepat hari ini, 19 November 2013 diperingati sebagai hari toilet sedunia. Semangat bertoilet yang baik dan benar.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...