Wednesday, June 18, 2014

Belajar Fotografi Ala Kadarnya



Ada kamera SLR tapi jarang digunakan, untuk apa? Padahal memilikinya setengah mampus, pakai dicicil setengah tahun dengan kartu kredit pula. Daripada mubazir, kamera ini harus digunakan, bagaimanapun caranya! Jadi tukang foto keliling bolehlah, ikut lomba foto boleh jugalah. Tapi, membuat foto yang bagus tidak semudah menekan tombol shutter. Foto yang dihasilkan apabila tidak ingin dinikmati sendiri dan ingin dibagikan pada orang lain haruslah foto yang baik, indah, dan minimal tidak merusak mata penikmatnya. Butuh waktu luang dan keberuntungan untuk menghasilkan gambar foto yang bagus, dan "menghasilkan uang" hanyalah efek sampingnya.

Kemudahan seseorang memiliki kamera, baik kamera digital maupun sekedar kamera ponsel membuat gambar berhamburan dimana-mana, termasuk di dunia maya. Sekarang, tak perlu menyewa tukang foto untuk mengabadikan momen penting seperti pernikahan, cukup kamera biasa atau malah kamera ponsel dan jadilah momen pernikahan dapat diabadikan. Yang jelas terabadikan, bukan? Perkara bagus atau tidak bagus itu urusan kesekian. Mudahnya lagi, terkadang bagus tidaknya sebuah foto berbanding lurus dengan teknologi yang digunakan. Contoh, semakin canggih kamera, semakin fokus gambar yang dihasilkannya, semakin tajam hasil fotonya. Dan belajar fotografi menjadi semakin mudah dengan kamera yang mumpuni.

Mau menjadi fotografer profesional? Harus fokus dan meninggalkan kerjaan utama. Fotografer sekelas om Arbain Rambey tidak serta-merta menjadi fotografer profesional dalam waktu sekejap. Butuh waktu yang tidak singkat dan belajar terus menerus, bukan hanya "nyambi" jadi fotografer keliling. Kalau sekedar hobi, untuk apa mempersulit diri jika ada teknologi yang memudahkan. Cukuplah ilmu fotografi seperti segitiga Exposure (ISO, Aperture, dan Shutter Speed) sedikit saja dipelajari dan disimpan rapat dalam kepala. Karena kenyataan di lapangan berbeda jauh. Untuk menghasilkan foto yang tajam dan fokus, lebih mudah dan dengan hasil yang baik dengan format OTOMATIS. Sekarang ini untuk menghasilkan foto yang menarik cukuplah dengan ragam eksperimen posisi sudut pengambilan foto. Kecuali mau bereksperimen dengan mode MANUAL dengan waktu hunting foto yang berlimpah, silahkan saja. Jadi tips belajar fotografi ala kadarnya kali ini adalah cintailah kameramu, foto apa saja didepanmu dengan berbagai posisi, dan berbahagialah.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...