Sunday, December 6, 2015

Pagar Makan Jalanan



Karena PAGAR MAKAN TANAMAN sudah terlalu mainstream

Di pemukiman padat penduduk sudah jamak ditemui rumah-rumah tak bertaman, alih-alih berpagar rapat, dan tinggi. Kebutuhan akan rasa aman dan nyaman adalah salah dua penyebabnya. Aman dari kejahatan yang mungkin tiba-tiba hadir dan nyaman dengan privasi tertutup. Maklum, orang kota sudah sedemikian parnonya dengan kriminalitas, dan sedemikian elitisnya dengan tetangga.

Lahan yang demikian sempit itu sebisanya disulap menjadi teras plus garasi. Masalahnya adalah teras plus garasi yang mungil itu kadang tak cukup untuk masuk mobil, mobil mini sekalipun. Solusi praktis nan cerdas adalah "memajukan" teras dengan "memakan" sebagian ruas jalan. Maka tak jarang ditemui di lorong-lorong perumahan pagar rumahnya menjorok ke depan, kebanyakan pagar lipat besi yang dibuat permanen. Celakanya lagi kalau si pemilik pagar sebenarnya tak punya mobil, iseng saja memajukan pagarnya hanya karena ikut-ikutan tetangganya. Namun lebih celaka lagi kalau si pemilik pagar punya mobil namun mobilnya tetap parkir dengan khusyuknya di pinggir jalan, bukan di garasi yang pagarnya sudah makan jalanan itu.


Sebenarnya ada solusi yang sedikit lebih cerdas dalam membuat pagar makan jalanan. Salah satunya adalah dengan membuat pagar dobel lipat, tidak permanen. Jadi, pagar besi itu dibuat hibrid, dibuat sedemikian rupa agar tetap bisa dimasukkan mobil dan bisa dilipat kedalam bila tak ada mobil. Pagar model ini lebih ramah terhadap pengguna jalan yang lain, tidak terkesan angkuh, namun tetap elegan.

Namun tak semua pembuat pagar mampu membuat pagar hibrid ini. Dibutuhkan intelegensia diatas rata-rata untuk bisa membuatnya rapi dan sempurna. Pengukuran yang pas sangat dibutuhkan agar pagar bisa terpasang dengan sempurna. Pagar dikatakan terpasang dengan baik bila engselnya pas saat pagar tertutup kedalam maupun tertutup keluar. Hal ini gampang-gampang susah, tukang pagar yang tak sabar atau salah dalam pengukuran awal niscaya akan kelabakan memasang pagar jenis hibrid ini.

Selamat memagari rumah anda, semoga tak banyak memakan jalanan.

 

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...