Friday, March 10, 2017

#SkipChallenge yang mematikan, minimal membuat bego



#SkipChallenge bisa mengakhiri hidup, minimal membuat bego

Fenomena #SkipChallenge di kalangan remaja menjadi viral di media sosial. Namun, skip challenge menuai kontroversi, karena dinilai berbahaya bagi kesehatan.

Skip challenge dilakukan dengan cara menekan dada sekeras-kerasnya selama beberapa menit hingga remaja tersebut mengalami pingsan dan kejang. Setelah beberapa saat mereka akan kembali sadarkan diri.

Banyak orang yang tak menyadari bahaya #SkipChallenge ini. Tantangan #SkipChallenge ini dikhawatirkan dapat membuat seseorang pingsan, karena kurangnya oksigen ke otak. Kekurangan oksigen di otak akibat #SkipChallenge selama lebih dari 4 menit saja sudah dapat menyebabkan rusaknya jaringan otak atau saraf pusat. Parahnya, jaringan saraf merupakan jaringan yang tidak mampu memperbaiki diri kalau rusak. Sekali rusak tetap rusak.



Saya sendiri baru tahu adanya permaianan #SkipChallenge di kalangan remaja setelah melihat di Instagram. Video remaja yang melakukan permainan ini bisa dilihat di Instagram dengan hastag #SkipChallenge dan juga banyak di Youtube.

Sayangnya, para remaja terlihat menganggap permainan #SkipChallenge sebagai sebuah tantangan dan sensasi yang menyenangkan. Mereka pun kemudian membagikan rekaman #SkipChallenge di media sosial agar menjadi viral.

Mereka tak menyadari bahaya di balik keseruan #SkipChallenge. Karena itulah harus ada imbauan serius untuk menghentikan skip challenge ini. Sampai sekarang belum diketahui dari mana asal muasal permainan skip challenge ini.

Di Amerika Serikat, permainan ini lebih dikenal dengan nama  passout challenge atau #PassoutChallenge dan telah menyebabkan tewasnya seorang anak berusia 11 tahun.

Jadi, #StopSkipChallenge, jangan jadi #SkipBego gara-gara #SkipChallenge karena bisa #SkipLife

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...